Senin, 28 November 2011


       Bagi warga Sigedong yang makanan pokoknya dari jagung, mereka merasa belum makan kalau belum makan jagung. “Kalau warga di sini makan beras malah lemes, tenaganya malah kurang,” kata Jariyah (40) Ketua Gabungan Kelompok Tani Sigedong, Tretep, Temanggung kepada Sinar Tani.
 
     Menurutnya hampir semua penduduk di Kecamatan Tretep makanan pokoknya adalah nasi jagung yang mereka namakan sekelan jagung. “Kecuali ada dua desa yang memiliki lahan sawah,” tambah Jariyah yang juga Kepala Desa Sigedong. 

       Kebiasaan makan nasi jagung ini sudah turun-temurun.  Namun baru sekitar lima tahun yang lalu, warga Sigedong mengetahui bahwa nasi jagung bisa disimpan setengah matang dan bisa tahan 3-5 tahun. Nasi jagung yang disimpan setengah matang itulah yang mereka namakan sekelan jagung.

     Awal mula ditemukannya sekelan jagung bermula dari kebetulan. ”Mencoba-coba saja,  warga yang tahu. Dulu satu kali masak, separohnya dimasak jadi nasi, separo disimpan untuk masak hari berikutnya. Lalu ada yang mencoba mengeringkan nasi jagung setengah matang, ternyata bisa tahan lama. Dari situlah kita baru tahu bahwa nasi jagung bisa disimpan setengah matang,” tambah Jariyah penerima Penghargaan Ketahanan Pangan.

    Adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang meneliti sekelan jagung simpan tersebut. ”Peneliti UGM yang mengatakan bahwa sekelan jagung ini bisa disimpan 3-5 tahun tanpa berubah mutunya,” tambah Jariyah.Soal kandungan gizinya, gizi jagung lebih baik dibanding beras. Vitamin dan proteinnya lebih tinggi. Demikian pula energinya juga lebih tinggi, sedangkan karbohidrat jagung lebih rendah bila dibanding beras.

     Dulu sebelum tahu sekelan jagung bisa disimpan, warga di sini membuat nasi jagung dengan cara: jagung ditumbuk hingga hancur. Ditumbuk sekali lagi. Hilangkan kulitnya. Lalu, direndam dalam air untuk dibuat tepung.

Kan sekarang jaman udah modern bahkan ada nasi jagung yang instan alias tinggal dimasak karena kita gk perlu melakukakan proses manual untuk membuatnya 

Sekarang kita akan membuat Nasi Jagung berikut caranya  :D
Bahan-bahan
1/2 kg beras jagung (jagung tumbuk)
1/2 butir kelapa
1 ibu jari lengkuas
1 batang sereh
1 daun salam
Cara Membuat
Bersihkan beras jagung lalu rendam selama satu malam.
Santan dari 1/2 butir kelapa dimasak bersama daun salam, lemgkuas, sereh sampai mendidih.
Masukkan beras jagung, aduk-aduk terus sampai santan kering.
Siapkan dandang, kukus beras jagung hingga matang.
Hidangkan bersama sayur dan lauk-pauk. Sebagai contoh, bisa dihidangkan bersama urap-urap dan ikan asin atau dengan sayur lodeh pedas.

Nasi Jagung merupaka alternatif selain beras nasi biasa dan terbukti lebih baik kandugan gizinya jadi tidak salahnya jika kita mulai mengkonsumsinya sehari hari  :D
 
Sumber : http://www.sinartani.com/petani/kontak-tani-sukses/4590-jariyah-nasi-jagung-tahan-simpan-3-tahun.html dan http://www.indoresep.web.id/nasi_jagung.html

1 komentar: