Senin, 28 November 2011

     Iseng-iseng gw baca buku SMA dan nemu Bab yang mempelajari Perang Dunia , Jaman dulu emang alat perangnya udah serem serem maka dari itu gw ketik dh biar pada tau :D (gw jg baru tau ).


   Pada tahun-tahun awal Perang Dunia II , para ahli menetapkan energi yang berasal dari 1 gram uranium jika "dibakar" dengan kondisi yang tepat akan setara dengan 10 juta kali energi yang keluar dari pembakaran batu bara dan udara dengan jumlah berat yang sama.

    Pada awal tahun 1940-an, ketika perang berkecamuk di daratan eropa, apra ahli fisika dari kedua pihak yang berperang diperintahkan menelitai uranium sebagaimana mereka meneliti kekuatan yang dpelaskan atim dalam pembentukan sebuah bom.
   
Bom 'Fat Man'
    Di Amerika Serikat, perlombaan untuk menciptakan sebuah "reaksi beraksi' dan memebuat bom atom pertama dipimpin sebuah elokpok ahli dan insinyur yang bekerja untuk 'Proyek Manhattan".Pada bulan Maret 1943, titik fokus dari proyek  ini adalah laboratorium yang sangat dirahasiakan di dekat Sante Fe, New Mexico, yang bernama 'Los Alamos'.


Bom 'Little Boy'

    Dua buah bom didesain di Los Alamos : sebuah bom uranium dengan  nama samaran 'Little Boy' dan sebuah bom plutonium yang dijuluki 'Fat Man'. Fat Man merupakan sebuah alat yang kompleks yang memerlukan uji coba . Daerah untuk uji coba  dikenal dengan nama Trinity, merupakan sebuah gurun pasir di pedalaman dekat Alamogordo, New Mexico. Pada tanggal 16 Juli 1945, secara resmi dunia memasuki 'Abad Atom' ketika Fat Man menerangi langit fajar. Hanya dalam bebrapa detik , ledakan Trinity menciptakan sebuah awan jamur dan kemudian menjadi sebuah ikon teror global. Ledakan itu melelehkan tanah di bawahnya mejadi kaca kehijauan yang mengerikan dan dilihat dair tempat sejauh Albuquerque dan El Paso.
     

bom Di Nagasaki 

  Kurang dari sebulan kemudian , bom-bom dari  Los Alamos digunakan militer Amerika Serikat untuk mengakhiri perang dengan Jepang . Pada tanggal 6 Agustus 1945, Little Boy dijatuhkan atas Hiroshima. Tiga hari kemudian duplikat Fat Man dijatuhkan di Nagasaki.

Perang Dunia kedua emang lagi jamannya perang dingin alias perang teknologi senjata sehingga mulai perang dengan teknologi mengerikan .

Sumber : Buku Sejarah SMA KELAS XII 3 ,Prof.Dr.M.HABIB MUSTOPO dkk (Kompas Selasa, 10 Oktober 2006) 

0 komentar:

Posting Komentar