Selasa, 30 November 2010

  Kelahiran Gitar

  Secara garis besar, gitar adalah instrumen dengan senar yang tertentang pada laher (neck) dengna garis-garis yang biasanya terbuat dari logam (fret), dan dilengkapi dengan bagiain kepala (headstock) serta peg yang berfungsi sebgai alat penyetem. Sebelum berevolusi menjadi giat elektrik, pada gitar akustik atau gitar klasik, instrumen ini punya bentuk bodi kayak angka delapan dengan satu bolongan sebagua ruang resonasi suaranya.

  Sejarah instrumen gitar juga punya banya versi dalam perkembangan dan tempat asli kelahirannya. Memang keaslian asal-usul gitar gak cuma bisa dilihat dari keantikannya saja. Ada beberapa ahli yang menduga kalo awal moyang gitar berasal dari benua Afrika. Di sana para ahli yang pastinya tidak sembarang tau itu banyak nemuin replika modern berbentuk kotak bunder kayak kulit kerang dengan benang-benang sutera sebagai senarnya.

  Ada juga ahli yang lain ngungkapin kalo mereka udah nemuin bentuk instrumen inidlam bentuk kaca di relief-relief batu tua di dalam bentuk kaca di relief-relief batu tua di jaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga nongol dengan ditemuinya vas-vas Yunani kuno yang bercorak. Di Yunani sendiri ada instrumen berdawai yang menurut ahli-ahli itu bernama Greek Strings dan bisa dikategorikan sebagai gitar.

  Gitar yang sekarang gampang ditemuin dimana-mana, dulunya adalah sebuah perangkat instrumen yang hubungannya deket banget sama instrumen-instrumen berdawai yang dibikin dan dipake sama orang-orang Eropa. Kesimpulannya, Eropa adalah kampung kelahiran intrumen ini. Perkembangan gitar yang paling pesat dan jadi instrumen terjadi di Eropa Latin, yaotu Spanyol, Italia dan Perancis. Tapi kalo mau tau, kelahiran instrumen ini bisa dilacak 4000 tahun ke belakang pada instrumen berdawai orang-orang asli IndoEropa (Armenia,Albania,Baltic,Celtic,jerman,Yunani,Iran,Latin dan Slavic) dan instrumen-instrumen berdawai yang juga bisa ditemuin di Asia Tengah dan India.

   Nah, kalo dari segi bahasa, kata modern gitar yang dalam bahasa Inggris disebut guitar (Jerman-gitarre, Perancis-guitare) merupakan hasil adopsi kata guitarra yang bersal dari Spanyol itu sendiri sebenarnya boleh minjem dari bahasa orang-orang Arab Andalusia di jaman medieval, Qitara. Dan kalo diulik lagi, kata qitara itu didapet dari bahasa vangsa Latin , cithara yang juga merupakan hasil turunan bahasa Persia kuno, sihtar/chartar (kata 'tar' berarti senar dalam bahasa persia).

Ngelacak Sejarah Moyang Gitar 

   Menurut arkeolog bentuk instrumen berdawai pertamax yyng diketahui adalah bowl harp (harpa berbentuk mangkok) dam tanbur. Kata para arkeolog sejak jaman prasejarah, orang-orang udah pada mulai nyiptain bowl harp dengan bahan dasar  tempurung kura-kura, stik kayu buat necknya dan senar yang terbuat usus dan ada juga yang terbuat dari benang-benang sutera. Nah harpa-harpa itu kebanyakan berasal dari peradaban Sumeria,Babilonia dan Mesir. Kira-kira 2500-2000 sebelum Masehi bentuk-bentuk harpa yang lebih maju dengan sebelas senar dari bahan ukiran dan hiasan berbahan emas ditemuin di perkuburan kerjaan Ur (Quenn Shub-Ad) di Mesopotamia .

Sejarah Gitar Modern
   Sekitar tahun 40 kelar masehi, turunan gitar modern diduga bersal dari instrumen cithara yang diabawa ke Hispania (sebutan daerah kekuasaan kerjaan Romawi yang meliputi Portugal, Spanyol, Andorra, Gibraltar dans ebgaian kecil selatan Perancis ) sama orang-orang Romawi. Instrumen ini kemudian lebih jauh diadaptasi dan dikembangin lagi sama mereka pas kedatangan sebah instrumen berdawai empat yang dibawa sama bangsa Moor (bangsa musli dari Afrika Utara yang naklukin liberia) bernama Oud.

   Sedangkan disisi daerah lain Eropa, instrumen berdawai enam milik orang Skandinavia yang namanya lute (lut), juga udah ngeraih popularitas lebih luas sampe menjuealng tahun 800 sesudah Masehi. Empat ratus tahun kemudian, gitar dengan empat senar kepecah jadi dua tipe. Yang pertama adalah guitarra morisca dengan ciri bentuk bulat di bagian belakang, fingerboard yang lebar dan beberapa lobang suara. Lalu yang kedua adalah guitarra latina yang bernentuk lebih mirip gitar modern dengan satu lobang suara dan neck yang lebih pendek.Pada abad ke14 dan 15, penyebutan kategori gitar "morisca" dan "latina" berangsur ngedrop. Dan akhirnya,empat macam bentuk instrumen berdwai itu (cithara dan oud, lute,morisca, latina) secara simpel disebut gitar aja.



Sumber : MAJALAH MUSIK KORT EDISI #34



0 komentar:

Posting Komentar