Sabtu, 27 November 2010

   Pasti banyak banget yang tau kalo Bahasa Inggrisnya biru tuh BLUE , Terus kalo BLUES artinya apaan dong??? Hmmm.... karena pake akhiran "S", kata blue disini berarti bentuk jamak dalam bahasa Inggris.Daripada tambah bikin bingung pandangan soal musik Blues mendingan kita baca terus aja tulisan selanjutnya. Lumayan lah buat sedikit nambahin pengetahuan kita tentang jenis musik ini .
  
   Blues pada awalnya adalah bentuk dasar dari vokal dan sintrumen yang banyak menggunakan Blue notes. Jenis musik ini lahir dari bentuk ekspresi kominita orang-orang Afrika di Amerika yang punya hubungan kuat sama hal-hal spiritual, Field Holler dan Shout and Chants. Biasanya berisi syair berulang-ulang sederhana yang nyeritain balada kehidupan mereka. Penggunaan Blue Notes dan penonjolan pola call -and- response dalam musik dan lirik , musik blues sangat jelas nunjukin pengaruh kuat musiknya orang-rang Afrika.

   Kata Blues itu sendiri di ambil dari the Blue Devils yang merupakan penggambaran diri dari semangat yang lagi 'down' sifat yang cenderung melankolis dan kesedihan. Makanya gak heran kalo awalnya lirik-lirik lagu Blues tuh banyak yang bertutur soal suasana hati yang tertekan.

  Musik Blues modern yang sekarang umum diketahui, bisa dilihat dari gaya bermain musik yang didasari sama struktur harmonisasi orang-orang Eropa dan tradisi call -and- response- nya orang-orang Afrika. Kemudian berevolusi lagi dalam bentuk nada suara dan bunyi gitar. Dari sejarahnya , musik yang berasal dari vokal mandiri tanpa musik budak-budak Afrika, kebanyakan berasal dari Afrika Barat. Di Amerika ini terpecah lagi jadi bermacam-macam gaya dan subgenre. Sedangkan dalam perkembangannya, musik Blues sendiri belakangan banyak memengaruhi musik populer Amerika dan orang-orang barat sekaligus jadi akar dari berbagai musik dari Jazz, Rhythm and Blues (R n B), Bluegrass dan Rock and Roll. Pada tahun 60 dan 70-an , sebuah bentuk campuran jenis musik yang disebut Blues Rock juga lahir. Aliran musik ini dibangun dari musik Blues yang dicampur adukan sama bermacam-macam jenis Rock and Roll.

*Blue Notes adalah notasi ayng dinyanyiin atau dimainin pada nada yang sedikit lebih rendah dari nada asli scale Mayor untuk tujuan-tujuan yang ekspresif

*Field Hollers adalah gaya musik orang-orang Afrika di Amerika sebelum perang saudara Amerika, gaya musik ini sangat dekat hubungannya sama hal-hal berbau spritual dalam mengekspresikan perasaan religius yang biasanya mencakup isyarat-isyarat halus tentang pelarian dari perbudakan dan masalaj-masalah lainnya.

*Shout atau sering juga disebut Ring Shout adalah tarian gembira dalam suatu ritual  upacara yang pertamax  kali dipraktekin sama budak-budak Afrika di Eropa dan Amerika. Bentuknya tuh kayak gerakan permujaan yang memebentuk lingkaran, sementara kaki-kaki mereka berjalan sambil bertepuk tangan.

*Chant adalah cara bicara atau nyayian dari kara-kata atau suara yang berirama.


*Call -and- Response dalam istilah musik adalah rangkaian dari 2 susunan kata terpisah yang biasanya dimaenin sama musisi-musisi yang berbeda, dimaa kata yang kedua kedengeran kayak komentar atau jawaban langsung dari kata yang pertama.

*Afrika Barat adalah daerah yang berletak dibagian barat benua Afrika. Terdiri dari 16 negara yang tersebar pada daerah yang luasnya kurang lebih mencakup 5 juta km persegi. Sedangkan oran-orang Afrika yag eprnah jadi budak di Amerika dan Eropa kebanyakan datang dari daerah yang sekarang bernama Mali, Gambia, Ghana dan Senegal.
*Jazz adalah bentuk seni musikal orang Amerika yang mulai nongol dan tu,buh a[da wal abad ke-20 dala komunitas orang-orang Afrika yang banyak tinggal di bagian utara Amerika. Musik ini berasal dari pertemuan antara tradisi msuik Afrika dan Eropa.

*Rhythm dan Blues adalah salah satu bentuk msuik yang jadi akarnya musik orang Amerika dan juga termasuk dalam sub-genre masuik-msuik tradisional dari Irlandia, Skotlandia da Inggris. Bluegrass banyak terisnpirasi kemunculannnya dari kaum imigran di Amerika yang emang banyak berasal dari sana.

*Rock and Roll adalah bentuk musik yang lahir di Amerika pada akhir tahun 40-an dan awal 50-an. Unsur yang paling kerasa dalam jenis musik ini adalah Blues,Cpuntry, Rhythm and Blues, Folk dan musik Gospel.


Sumber: MAJALAH MUSIK KORT EDISI #25

0 komentar:

Posting Komentar