Minggu, 28 November 2010

  Musik Country adalah jenis musik  yang berasal dari campuran beberapa bentuk jenis musik yang ppopuler, yang awalnya basa ditemuin di bagian selatan Amerika dan pegunungan Appalchian. Akar musiknya berasal dari tradisional folk musik, Celtic msuik, gospel musik dan old-time  1920-an.

  Istilah musik country sendiri mulai dipake pada tahun 1940-an pas awal istilah musik hillbily  dianggap nurunin pangkat orang yang maenin kateana musiknya musik kampung. Kecuali di Inggris Raya dan Irlandia yang masih pake istilah country and western  istilah country music  akhirnya mulai banyak dipake sama orang banyak pas tahun 1770-an.

  Di bagian selatan Amerika, campuran berbagai msuik tradisional ngebentuk jenis msuik yangkemudian disebut  western musik  yang kemudian  berubah istilah lagi jadi  country and western.  Sekarang, istilah country music  sendiri dipake buat nyebutiin berbagai macan gaya dan sub genre dari musik itu.

  Musik Country sendiri dalam perkembangannya udah netesin dua artis solo yang punya rekor jualan top sepanjang masa , Mereka adalah ikon rock Elvis Presley yang awalnya dikenal dengan sebutan  The Hillbily cat  dan musisi kontemporer country  Garth Brooks.

  Kalo mau diulik lagi, sejarah awalnya jenus musik ini dimulai sama kaum imigran yang hijrah ke bagian selatan pegunungan Appalachion di utara Amerika. Mereka tuh udah bawa jenis musik dan instrumen-instrumennya itu selama hampir 300 tahun. Alat musik gesek kayak Biola Irlandia, Dulcimer Jerman, Mandolin Italia, Gitar Spanyol dan Banjo Afrika adalah alat-alat musik yang jadi instrumen dasar musik yang mereka maenin. Interaksi di antara para musisi-musisi dai berbagai suku tradisional itulah yang menjadi unik terdengar.

  Sepanjang  abad ke-19 , beberapa suku imigran dari Eropa yang berasal dari Irlandia, Jerman , Spanyol dan Italia hijrah ke Texas. Dan bertemu dengan orang-orang Spanyol, Meksiko dan orang-orang Amerika asli yang emang udah pada lama tinggal di sana. Karna sering ngumpul-gumpul buat sekedar joget dan nyanyi-nyayi diiringin sama musik yang mereka bikin dari berbagai macam musik asli, penduduk dari berbagai negara itu menjadi sangat akrab bergaul. Keakraban itu terus meluas sampai ke seluruh Texas dan berbuah satu kebudayaan unik yang belakangan lo kenal dengna sebutan country music.

  Dalam perkembangannya , para musisi country udah sukses ngelewatin beberapa regenerasi dan ngebentuk  berbagai macam genre dan turunannya sampe sekarang. Beberapa diantaranya adalah Bakersfield sound, Nashville sound, Neotradisional country, Outlaw country, Texas country alternative country blues ,country rock , country rap.

*TRADITIONAL FOLK MUSIC adalah istilah yang sekarang dipake di acara Grammy Award buat nyebutin jenis musik yang masuk dalam kategori Folk Music.

*CELTIC MUSIC adalah istilah yang dipake para atris, perusahaan-persuahaan rekaman, toko musik dan majalah musik di luar negeri buat ngejelasin berbagai macam genre musik yang berkembang dalam tradisi musik folk orang-orang Eropa.

*GOSPEL MUSIC adalah musik yang dibikin buat ekspresiin tiap personal atau masyarakat umum sehubungan dengan kehidupan umat Kristiani.

*OLD-TIME MUSIC  adalah bentuk musik dari musik folk Amerika Utara yang akarnya berasal dari musik-musik folk dari berbagai macan daerah termasuk Inggris, Skotlandia, Irlandia dan Afrika.

*HILLBILY adalah istilah yang mengacu pada orang yang tinggal daerah pegunungan Amerika Serikat.

*WESTERN MUSIC  adalah bentuk asli dari musik daerah orang Amerika.

*GARTH BROOKS adalah salah satu musisi solo dan penyanyi country Amerika yang punya rekor jualan  paling laku gila di seluruh dunia.

*DULCIMER adalah instrumen musik berdawai yang masih satu keluarga sama Zither (insrumen berdawai yang biasa ditemui di beberapa negara-negara Eropa yang kebudayaan Asia Timur). Biasanya terdiri dari tiga atau empat senar.

*BAKERSFIELD SOUND adalah genre dari musik country yang nongol pada awal sampe akhir tahun 1950-andi Bakerfield, California, Amerika.

*NASHVILLE SOUND adalah subgenre dari musik country yang nongol pada akhir tahun 1950-an. Sub genre musik country ini ngengantiin dominasi chart musik country honky tonk yang populer banget pada era 1940-an dan 1950-an.

*NEOTRADISIONAL COUNTRY adalah gaya musik country yang nolak elemen-elemen modern dari music country yang populer.

*OUTLAW COUNTRY adalah tren penting dalam musik country selama akhir tahun 1960, 1970 dan 1980. Biasanya berhubungan sama The Outlaw Movement yang terdiri dari para fans musik country dan para pelaku yang ada di indutri musiknya sendiri. Para musisi coutry yang mendeklarasikan pergerakan ini adalah Johny Cash, Waylon Jennings, Merle Haggard, David Allan Coe, Willie Nelson, Kris Kristofferson, Hank Willians Jr, dan Billy Joe Shaver.

*TEXAS COUNTRY adalah turunan dari subgenre musik country yang lebih dikenal karna caranya ngegabungin akar sound musik country yang tradisional degn kejujuran pandangan bermusik outlaw country.

*COUNTRY BLUES adalah jenis musik country yang berhubungan dengan akustik, terutama permainan gitar blues.

*COUNTRY ROCK adalah jenis genre musik yang dibentuk dari campuran Rock dan musik country yang awal  asal -usulnya berasal dari musik Rockabilly tahun 1950-an.

*COUNTRY RAP adalah jenis musik yang merupakan gabungan dari musik country dengan gaya musik hip-hop.


Sumber : MAJALAH MUSIK KORT EDISI #25

0 komentar:

Posting Komentar