Senin, 29 November 2010

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat-tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan. Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang meyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan." (Qs. An-Nahl: 68-69)

     Dalam ayat diatas, Al-Qur'an meyerbutkan lebah yang meninggalkan rumahnya untuk mencari makanan adalahlebah betina. Dengan demikian, Al-Qur'an meyebutkan bahwa lebah betinalah yang meninggalkan rumah untuk mengumpulkan makanan. Adakah orang biasa yang tahu bagaimana membedakan lebah jantan dan betina ???? Bahakan oada hari ini - apalagi zaman Nabi Muhammad SAW sekitar 1400 tahun yang lalu - kita memerlukan seorang spesialis untuk dapat memebedakan lebah jantan dan betina. Al-Qur'an dangat akurat ketika menyebutkan nahwa lebah jantan tidak pernah meninggalkan rumahnya untuk mencari mkanan, dan lebah betinalah yang harus memberi makanan untuk lebah jantan. Dalam konteks ini sangatlah menarik untuk diperhatikan bahwa dalam Drama Shakespeare, Henry The Fourth, bebrapa karakter lebah disebutkan bahwa lebah-lebah adalah tentara, dan mereka memiliki raja, itu artinya orang-orang pada zaman Shakespeare (1564-1616) meyangka lebah yang tampak berterbangan itu adalah lebah-lebah jantan, dan lebah-lebah itu pulang unutk melayani raja mereka. Kenyatannya adalah bahwa yang berterbangan itu adalah lebah betina, dan mereka melayani ratu mereka.

    Baru melalui penyelidikan pada zaman modern manusia dapat mengungkap fakta yang sesungguhnya, padahal Allah swt telah menjelaskannya dalam Al-Qur'an 1400 tahun yang lalu. Dalam hal ini , Allah wt berfiman :

   "Sesungguhnya bagi Allah tidak ada satu pun yang tersembunyi di bumi dan tidak pula di langit." (Qs. Al-Imran : 5)

   "Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui; dan Dia Mahahalus lagi Maha Mengetahui ?" (Qs. Al-Mulk: 14 )




Sumber : EINSTEIN aja BACA QUR'AN  , KARYA : MD ANISUR RAHMAN

0 komentar:

Posting Komentar