Minggu, 28 November 2010

   Intinya  beat boxing itu adalaha seni penciptaan ketukan dan rhythm dengan menggunkan bibir, lidah , mulut, tenggorokan, dan suara efnusia. Gak cuma sebatas itu bat boxung juag mencakup urusan niruin berbagai macam model bebunyian. Contohnya scrathing. nah , rata-rata beat boxing biasanya sih pasti bisa scrathing pake mulutnya. Dan seorang beatboxer bias dibilang jagoan kalo bisa ngedemonstrasiin jenis suara lebih banyak lagi .

   Beatboxing sering disebut juga sebagai perkusi vokal atau multivokalisme. Teknik ini udah digunain sejak bertahun-tahun lalu samau grup-grup a capella. Tapi sekarang ini beatbox lebih sering dihubung-hubungin sama genre musik hip-hop. Bahkan udah sampe disebut-sebut sebagai the 5th element hip-hop sefala. Dan abad ini , beatbox udah dianggep sebagai fenomena internasional.

   Banyak orang nyangka kalo beatbox itu muncul di era perkembangan hip-hop yang lahir dari ujung-ujung jalan Chicago, Bronx dan Los Angeles. Pendapat ini emang gak bisa disalahain.. Walauipun sebenarnya, kesenian ini ternyata udah ada sejal ratusan tahun lalu. Dan terpengaruh sama budaya lintas dunia yuang ngeluputin Eropa, Afrika dan Amerika.

   Di wiayah Occitania pada tahun 1500-an kelompok The Troubadour udah mulai nyanyiin lagu bareng-bareng. Gaya yang mereka nyanyiin keitung ribet, mereka bisa maen band cuma dengan mulut, mirip gaya musik barbershop yang baru trend di tahun 1940-an. Kehadiran The Troubadour dianggap sebagai sejarah awal lahirnya vokal perkusi di dunia.

   Budaya Afro-Amerika juga punya pengaruh kenceng sama sejarah beatbox. Jaman dulu, budak-budak Afrika yang dibawa ke Amerika sering ngelakuin tari-tarian dengan iringan musik perkusif yang cuma berasal dari mulut mereka. Dari sini, budaya itu pun melebur ke dalam musik blues dan jazz. Makanya jagan heran kalo pra musisi blues dan jazz akhirnya mulai mempopulerkan teknik scatting di tahun 1930.

   Pada tahun 80-an , para rapper di Amrik sering dianggep sambil diiringain synthesizer. Cuma keterbatasan teknologi jaman segitu bikin para rapper jadi gak puas sama sound yang dihasilin. Akhirnya , niruin sampling pake mulut pun jadi solusi yang juga ngetrend. Musisi yang terkenal waktu itu adalah Darren Buffy Robinson , Doug E Fresh dan Biz Markie.

  Trend beatbox sempet ngilang di tahun 90-an , tapi menjelang tahun 2000 ,teknik ini mulai populer lagi bahkan jadi mainstream dengan eksplorasi yang dijabanin sama penyanyi kauak Justin Timberlake, Daniel Beddingfield, juga Bjork. Dan mulai sejak itu, jagon-jagoan beatbox semacan Joel Turner,Rahzel,Killa Kela dan Bauchklang mulai bermunculan.

  Sekarang organisasi beatbox udah berdiri dimana-mana. Salah satu yang paling gede adalah WBBF alias The World Beatboxing Federation, dan para beatboxer seluruh dunia juga sempet  ngadain acara the Human Beatbox Convention yang petamax kali diadain di London pada tahun 2003. Di Indoneisa senidri udah ada juga organisasi semacam ini yaitu The Indonesian Beatboxing Community.

*SCRATCHING adalah teknik yang sering dipake para DJ buat hasilin suara khusus, suara ini biasanya berasal dari piringan vinyl yng dimaju-mundurin di turntable .

*BEATBOXER adalah orang-orang yang kerjaannya beatboxing-an mlulu.

*A CAPELLA (berasal dari bahas Italia) adalah paduan beberapa vokal yang bernyanyi tanpa diringi instrumen.

*HIP-HOP adalah pergerakan budaya yang muncul di New York pada tahun 70-an. Musik ini dipopulerin sama orang-orang negro dan Latin di Amerika sana.

*THE FOUR ELEMENT OF HIP-HOP adalah empat unsur yang ngebentuk musik Hip-Hop, yaitu nge-DJ, nge-MC atau ngerap, Graffity (karya seni di tembok) dam Breakdance, Beatboxing sering disebut sebagai unsur ke lima.

*OCCITANIA adalah sebuah wilayah di selatan Perancis yang juga dekat sama Monaco, Occotania Valleys di italia , dan Aran VAlley di Spanyol , Ini adalah sebuah wilayah di mana Bahasa Occitan (Bahasa Romawi) masih kedengeran sering dipake.

*THE TROUBADOUR  adalah kelompok musisi-penyair di Occtania yang mulai ada sekitar tahun1100-an, mereaka biasa berkelana di jalnan dan bernyanyi dengan diiringi alat musik lute (instrumen yang jadi nenek moyang dari gitar modern).

*BERBERSHOP MUSIC merupakan jenis kembagnan msuk a capella. Satu grup barbershop terdiri dari beberapa orang yang semuanya bernyanyi. Mereka ngebagi-bagi suara jadi bebrapa pola. Bisanya satu orang jadi penynyi utamam dan ya glainnya jadi penyanyi latar dengan susunan suara tenor,  bass dan bariton.

*SCATTING atau scat singing adalah improvisasi nada vokal tanpa kata-kata jelas.Biasanya dipake buat jadi interlude dalam sebuah lagu. Scatting kadang juga di nyanyiin berbarengan dengan nada yang sama kayak gitar, saksofon atau keyboard yang lagi dimaenin , Ella Fitzgeral , George Benson, Jason Mraz, dan Mus Mujiono termasuk musisi yang sering maen beginian.

*THE INDONESIAN BEATBOXING COMMUNITY yang dulunya bernama The Jakarta Beatboxing Commnuity ini mulai kebentuk pada tahun 2007 dan dicetusin sama Billy, Komunitas baru ini baru bener-bener diresmiin tanggal 30 Oktober 2008 dengan dihadiri angota IBC generasi pertama. TitzG termasuk salah satu di antaranya


Sumber : MAHLAH MUSIK KORT EDISI #28 ,oleh : Titzg Fade 2 Black

0 komentar:

Posting Komentar