Jumat, 20 Mei 2011

      Bohong adalah suatu perbuatan yang dilakukan tanpa kejujuran. Sering kali orang bohong untuk kepentingan sendiri baik keadaan terdesak maupun dengan niat jahat. Manusia dan Kebudayaan ini memang tak mungkin bisa lepas karena orang tersebut tidak ada keberanian untuk jujur karena suatu hal. Pada masyarakat umum kategori Bohong sangatlah luas contohnya  Bohong digunakan untuk menarik hati seseorang (mencari simpati untuk kampanye), Bohong untuk sukses (pedagang), bahkan bohong untuk kebaikan (bila dalam keadaan yang terdesak).
       Bohong untuk menarik hati banyak dijumpai di media massa bahkan secara live , contoh gampangnya adakah kampanye partai , pemilihan calon walikota dan pemilihan caleg , budaya ini sekarang sedang menjadi trend cara ini sangat ampuh untuk menarik simpati rakyat agar mereka terpilih, tapi ada beberapa yang terpilih akan menutup mata dengan janji - janjinya.
       Bohong untuk sukses merupakan cara yang digunakan para pedagang (tidak semua pedagang) bahkan ada orang yang beranggapan jika tidak berbohong maka dagangan tidak akan laku , dan ini merupakan cara yang paling gampang untuk sukses atau laris. Pada iklan ,bohong merupakan strategi jitu untuk meraih keuntungan seperti iklan provider handphone yang memberikan bonus dan pelayanan yang memuaskan tapi dalam kenyataanya itu bohong.
       Kebudayaan bohong memang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari - hari tapi budaya ini bisa hilang dengan kesadaran pribadi.
   



Sumber : Pemikiran Pribadi



0 komentar:

Posting Komentar