Jumat, 21 Maret 2014


Modus Kejahatan Dalam Teknologi Informasi

Maraknya penyebaran virus,worm atau Trojan horse , ternayta semakin memberikan semangat bagi para pembuat worm local untuk terus berkarya. Di Indonesia sendiri worm lokal mulai menunjukan aktifitas yang cukup signifikan di awal era millennium pada tahun 2003 pengguna computer di Indonesia disibukkan oleh sebuah worm local yang di perkirakan berhasil menginfeksi ribuan computer di Indonesia.


Worm adalah suatu algoritma atau program yang mereproduksi diri sendiri dari system ke system dengan menggunakan media penyimpanan atau suatu jaringan.Worm tidak menginfeksi file program lain dengan tujuan menjadikan file terinfeksi tersebut sebagai file infector.Wrom mampu bekerja tanpa interaksi user, bisa merusak sebuah data secara langsung atau menurunkan kinerja system dengan “ mengikat” sumber daya system computer dan bahkan bisa mematikan sebuah jaringan.

Berikut ini beberapa worm yang pernah ada dan memuat banyak kerugian para pengguna computer :

Explore ZIP

Pada bulan Juni tahun 1999, muncul sebuah worm bernama “ExplorerZip” yang menyamar sebagai file zip (file terkompresi) dalam attachment sebuah e-mail yang jika dieksekusi akan menampilkan pesan kesalahan. ExploreZip secara diam-diam menyalin dirinya kedalam direktori System Windows dan memodifikasi registry.
Seperti Worm lainnya , ExploreZip juga melakukan penyebaran lewat e-mail dengan memanfaatkan aplikasi Outlook atau Exchane, dengan mengawasi e-mail yang masuk dan membalas e-mail tersebut dengan salinan dirinya. Pada tanggal 9 januari 2003 ExploreZip kemudian dilaporkan menghasilkan varian baru. Varian ini bernama ExploreZip.N varian dan cukup merepotkan pengguna computer di Indonesia. Salah satu metode penyebaran menggunakan e-mail yang memiliki attachment berupa file ZIPPED_FILES.EXE saat file ini dieksekusi maka worm menginstal dirinya sendiri pada system Windows. Worm menimpa file dokumen dengan ekstensi DOC,XLS,PPT sehingga file-file tersebut sulit untuk diselamatkan

MYBRO

Di bulan Maret 2006, sebuah varian dari wom ROntrokBro kembali di-release dan di perkirakan dibaut dengan menggunakan bahasa C. MyBro memiliki ukuran file sebesar 51kb dan menggunakan icon dengan gambar folder.

Worm MyBro diperkirakan menggunakan/meniru source code worm yang sudah ada sehingga pola worm tersebut dapat terdeteksi dengan mudah oleh teknologi SandBox dari Norman Virus Control.Untuk bertahan pada suatu system , MyBro berusaha untuk mematikan service antivirus dari Norman,TrendMicro, Norton,McAfee,AVG,Bit Defender,Panda dan PC Cilin.Selain itu MyBro berusahan untuk menghapus file Microsoft Visual Basic Virtual Machine yang akan menggagalkan proses untuk setiap aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa Visual Basic serta melakukan blocking ke beberapa situs tertentu.

Sumber :
Buku : Darmal Achmad,Computer Worm 1 Secret of Underground Coding,Jasakom



0 komentar:

Posting Komentar