Minggu, 19 Januari 2014


GMail atau Google Mail adalah layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google Layanan ini diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2004 dengan menyediakan kapasitas email 1 GB yang pada saat itu sangat tidak wajar. Dan untuk pendaftarannya tidak terbuka untuk umum tetapi harus melalui undangan dari orang yang sebelumnya sudah mendapatkan account.
 Berikut adalah 10 fitur keunggulan GMail:
  • Perlindungan dari Spam
  • Mudah melakukan pencarian terhadap email-email Anda
  • Lebih mudah mengikuti diskusi, karena dibantu layout topik/thread yang tersusun dengan baik
  • Fasilitas chatting yang terintegrasi
  • Pengelompokan email dengan cara filtering/penyaringan, pemberian label dan bintang yang tidak terbatas
  • Dapat diakses dengan ponsel (mobile device)
  • Kapasitas yang besar – dan makin besar
  • Ada Iklan – tetapi tidak cukup mengganggu
  • Menghemat waktu

       Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.

Jenis-jenis Jalur Koneksi Internet
Dial-up PSTN (Public Switched Telephone Network)

Client melakukan koneksi ke ISP melalui telephone regular ( di Indonesia menggukan jasa PT.TELKOM)
Dial-up GPRS (General Packet Radio Service) dan CDMA (Code Division Multiple Access)
         Perangkat ponsel berfungsi sebagai modem yang terhubung ke komputer melalui kabel data ponsel (port comm atau USB), IRDA ataupun bluetooth.
Koneksi internet melalui operator selular bertindak sebagai ISP dengan mengatur konfigurasi pada komputer maupun ponsel
.Leased-Line (dedicated)
      Dengan jalur Internet Cable, saluran telepon atau kabel coax dan fiber optik yang disewa untuk pengguna selamat 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya.
Frame Relay
      Merupakan layanan data paket yang memungkinkan beberapa user menggunakan satu jalur transmisi pada waktu yang bersamaan.
      Untuk lalu lintas komunikasi yang padat, Frame Relay jauh lebih efisien daripada sirkuit sewa (leased-line) yang disediakan khusus untuk satu pelanggan (dedicated), yang umumnya hanya terpakai 10% sampai 20% dari kapasitas lebar pita (bandwith-nya) Wave-LAN / WISP (Wireless Internet Server Provider) koneksi jaringan lokal dengan ISP menggunakan teknologi jaringan wireless dengan perangkat radio/antenna dengan gelombang mikro 2.4 GHz (free -license).

PLC ( Power Line Communication)
       Koneksi dengan menggunakan jalur listrik yang bertindak sebagai ISP, dengan bantuan modem yang lansung dapat ditancapkan ke stop kontak ( yang telah dialiri listrik)

VSAT (Very Small Aperture Terminal)
        Dengan menggunakan Antenna seperti piringan ( parabola ) yang menghadap ke arah satelit (langit). Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi.
       Penggunaan VSAT mampu menjangkau daerah dimana tidak memungkinkan koneksi dengan jenis apapun (atau terasa mahal jika menggunakan jenis yang lain), seperti di tengah hutan, tengah lautan, dan sebagainya.

DSL (Digital Subscriber Line)
       Koneksi DSL menggunakan jalur telephone reguler, dan mempunyai kecepatan lebih cepat dibanding dengan kecepatan koneksi telephone reguler meskipun sama-sama menggunakan tabel tembaga sebagai jalurnya.
ASDL ( Asynchronous Digital Subscribler Line)
        Koneksi dengan menggunakan jalur telephone reguler dengan menggunakan modem dan router yang bertipe DSL dimana upstream dan downstream menggunakan kecepatanb berbeda. Jalur tipe ADSL memisahkan komunikasi telephone regular dan internet.

ISDN (Integrated Service Digital Network)
        Koneksi ISDN mememungkinkan kecepatan transfer data h ingga 128.000 bps dan koneksi ini menggunakan jalur telephone reguler.
 
Jalur koneksi dari hardware hingga ke ISP



Menelusuri Jalur Web ke Gmail.com
Gunakan perintah tracert untuk mengetahui jalur yang dilalui untuk mencapai sebuah website, dalam tampilan diatas ini adalah gmail.com 

  1. Klik start > Run. Ketikan perintah CMD. 
  2. Pada jendela DOS terminal, ketikan tracert disertai nama domain tujuan, seperti pada gambar contoh. 
  3. Tekan enter, maka akan terlihat jalur tempuh mulai dari ISP, lokasi - lokasi berikutnya, hingga akhirnya mencapai domain yang dituju. Semakin panjang jalur tempuhnya maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan data data.
Saat sudah melewati router itu, datanya masuk ke subnet lain yang punya IP public. Berawal dari sini datanya masuk ke router-router yang dipunyai ISP, lalu diteruskan sampai ke server Gmail

Koneksi Internet dengan Dial Up
Koneksi internet dial up adalah koneksi dengan menggunakan telepon biasa (rumah). Saat ini modem dial-up mampu mencapai kecepatan transmisi data hingga 56 Kbps (klilobit per detik), namun pada kenyataannya belum tentu sesuai dengan yang ditawarkan.
       Kecepatan realnya hanya sekitar 12 sampai 20 kbps. Tetapi seiiring berjalannya waktu, dari telepon rumah saat ini nyatanya bisa digunakan untuk membuat hot spot dengan jaringan yyang dibilang cukup stabil.
Supaya komputer terhubung ke internet, maka membutuhkan ISP (Internet Service Provider), yaitu perusahaan yang menyediakan jasa sambungan internet. Kebanyakan perusahaan telepon, juga sebagai perusahaan penyelenggara koneksi internet.

Kelebihan dial up 
  1. Koneksi Internet lebih mudah digunakan. 
Kekurangan dial up 
  1. Apabila modem Dial-Up digunakan bersamaan dengan telepon rumah sedangkan modem dial up terkoneksi dengan telepon rumah dalam keadaan sibuk, maka internet akan terputus secara otomatis.

Keuntungan : 
  1. Berfungsi untuk mengatur alamat masing-masing komputer dalam suatu jaringan sehingga mempermudah dalam melakukan proses bertukar suatu informasi / mengakses internet
  2. Meningkatkan performance dan keamanan dalam jaringan

Kerugian :
Ada beberapa larangan dalam menentukan IP, yaitu : 
  1. 127 tidak boleh digunakan sebagai net id dikarenakn net id 127/8 digunakan sebagai IP loopback, yaitu IP yang mengarah ke PC itu sendiri
  2. 255 tidak boleh digunakan sebagai net id atau host name dikarenakan 255 digunakan untuk net mask dan IP broadcast (IP yang mengarah ke seluruh komputer pada jaringan.

Kesimpulan :

        Proses yang dilewati untuk mengakses internet memerlukan tahapan yang sangat panjang dengan dengan tahapan settingan pada perangkat pada provider yang digunakan menuju ISP untuk menuju internet . Untuk mengakses internet terdapat berbagai jalur dengan teknologi kabel , tower ,satelit dan Wifi . Pada Handphone untuk mengakses internet terdapat 2 cara yaitu dengan Wifi dan internet pada kartu provider yang harus mensetting menuju internet . Teknologi wifi merupakan akses internet dengan memancarkan sinyal dari modem kabel menuju ISP  

http://kutak-ketik.blogspot.com/2010/04/jaringan-internet-pengertian-jaringan.html
http://predi-blog.blogspot.com/2009/06/jenis-jenis-jalur-koneksi-internet.html
http://www.scribd.com/doc/199313765/Artikel-Jalur-Web-Gmail-yahoo


0 komentar:

Posting Komentar