Minggu, 07 Oktober 2012


       Interaksi Manusia dan Kompputer atau IMK adalah ilmu yang memperlajari hubungan antara pengguna komputer (user) dengan komputer sehingga pengguna dapat lebih nyaman dan lebih betah pada saat menggunakan komputer. Interaksi ini biasanya terjadi pada saat ijnput maupun output biasanya disebuut interface (antar muka), IMK memberikan arahan bagi perancang interface untuk dapat memahami apa yang baik bagi user. Kali ini saya akan membahas Prinsip Usability yang mengarah kepada si pengguna



Prinsip Usability ada 6 yaitu :

• Human Ability
• Human Capabilities
• Memori
• Proses
• Observations
• Problem Solving

1.   HUMAN ABILITIES

                                      BAIK
                                    - Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
                                   - Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
                                    - Kemampuan memahami tinggi
                                    - Mekanisme konsentrasi powerful
                                    - Pengenalan pola pikir powerful

BURUK
- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat


2.   HUMAN CAPABILITIES

        Faktor manusia ini harus diperhatikan, karena dari sinilah desain yang lebih baik   didapatkan.

       User perlu mengetahui hal-hal berikut dalam merancang :
·         Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba)
·         Proses informasi
·         Sistem Motorik

      Konsep penglihatan terdiri dari dua tahap :
·         Penerimaan stimulus dari luar secara fisik
·         Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut



A . Kemampuan Penglihatan

Sensivitas
           - Luminance : jumlah cahaya yang dipantulkan oleh permukaan
              objek, dengan ukuran 10-6 – 107 mL

Ketajaman
            - Visual acuity : kemampuan manusia melihat objek secara detail
            - Sudut pandang (visual angle) : besarnya ruang pandang yang
            digunakan objek → derajat (degree) / minutes of arc →
             1 derajat = 60 minutes of arc

Pergerakan
             - Pola visual dari kata direkam → di-dekoding menurut
              representasi bahasa → pemrosesan bahasa meliputi analisis
              sintaks dan semantik terhadap frase dan kalimat
             - Mata bergerak terhadap teks → regression

Kemampuan membaca akan berkurang atau menurun karena usia.

B. Warna

            • Warna dikaitkan dengan hue, intensitas, dan saturation
            Hue → panjang gelombang spektrum cahaya
            Intensitas → brightness dari warna
            Saturation → jumlah / kadar putih (whiteness) dalam warna
            • Masalah persepsi warna pada cones (sel pada selaput retina
               yang sensitif terhadap warna) dan ganglion (simpul syaraf)
            • 380 (blue) ~ 770nm (red)
            • Radiasi dalam spektrum (panjang gelombang cahaya) adalah
             400 – 700 nm

PENDENGARAN (HEARING)
• Sistem auditory memiliki kapasitas sangat mengumpulkan informasi lingkungan         sekitar.
  Pemrosesan suara
• Suara memiliki beberapa karakteristik, yaitu :
            - Pitch : frekuensi suara (20 – 20.000 HZ)
            - Loudness : amplitudo suara (30 – 100dB)
            - Timbre : tipe atau jenis suara
• Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan memperkirakan  kemana objek tersebut akan berpindah
• Sistem auditory melakukan filtering suara → kita mengabaikan
  suara background dan berkonsentrasi pada informasi yang penting

PERABA (TOUCH)
• Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis
              sensor penerima (sensory receptor), yaitu :
              Thermoceptor→ merespon panas / dingin
              Nociceptor →merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit
                           merespon pada tekananMechanoceptor →  IMK

• Keyboard bisa dikaitkan dengan posisi-posisi bentuk tombol, juga
             pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau
             malah terlalu ringan.

 
PROSES INFORMASI
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama :

1. Perseptual
   - Menangani sensor dari luar
               - Sebagai buffer untuk menampung masukkan yang diterima dari
                indera manusia
              - Diproses (diterima) untuk diteruskan ke otak (memori)

2. Kognitif : memproses hubungan keduanya

3. Sistem Motor : mengontrol aksi / respon (pergerakan, kecepatan,   kekuatan)


MEMORI
• Memori menyimpan
             prosedural. Pengetahuan factual dan pengetahuan

• Terdapat 4 tipe memori :

            1. Perceptual Buffer (Memori Sensor)
             - Terbatas kapasitasnya.
             - Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat diproses
            .

2. Short Term Memory (STM)
  - Memori kerja menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam
                waktu yang singkat / sementara pada saat kita sedang
                melakukan pekerjaan.
              - Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
    
             - Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu
              berdasarkan :
               a. Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
           
               b. Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.

3. Intermediate
              Menyimpan untuk ke LTM

4. Long Term Memory (LTM)
              - Penyimpanan utama untuk informasi faktual, pengetahuan
               berdasarkan eksperimen / pengalaman, aturan-aturan
              prosedur, tingkah laku, dsb.
             - Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat,
               serta proses hilangnya informasi lebih lambat.

Terdapat dua jenis LTM :
a. Memori Episodik : menyimpan “data” kejadian atau
              pengalaman dam bentuk serial menurut waktu.
b. Memori Semantik : menyimpan record-record fakta, konsep,
              keahliaan (skills) serta informasi lain yang diperoleh selama
              hidup dengan terstruktur.

Pemrosesan Memori Jangka Panjang
• Aktivitas :
             - Menyimpan atau mengingat informasi
             - Menghilangkan atau melupakan informasi
             - Memanggil kembali informasi


PENYELESAIAN MASALAH

• Setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan
• Penalaran (Reasoning) : proses pengambilan kesimpulan mengenai
              sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki oleh
              manusia.



 Sumber : http://fenni.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/6575/Prinsip+Usability.pdf
 Sumber : http://www.docstoc.com/docs/6849820/modul-IMK

0 komentar:

Posting Komentar