Rabu, 03 Oktober 2012

        Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan oleh orang Indonesia walaupun rata rata penduduk daerah menggunakan bahasa daerah masing masing ,di jaman sekarang anak muda lebih sering menggunakan bahasa yang banyak digunakan pada jaman sekarang yaitu bahasa gaul , betawi , dan ironisnya walau mengaku berbahasa indonesia kenyataannnya jarang sekali anak muda memakai bahasa Indonesia yang beraturan karena mereka mencampur adukan bahasa agar nyambung saat berkomunikasi . Penggunaan bahasa ini akan terjadi saat anak muda berumur 7 tahun atau kelas 1 SD , karena penggunaan bahasa ini masuk ke dalam kurikulum Sekolah Dasar sampai tingkat Sekolah Menengah Atas . Di jaman sekarang dengan bermunculan game game online terjadilah perusakan moral dan bahasa dimana anak anak kecil pun akan terbiasa dengan kata kata tidak pantas di karenakan penggunaan bahasa kasar pun akan menjadi bahasa yang ngetrend , dari sinilah sejak kecil anak anak akan sult terbiasa dengan bahasa Indonesia yang beraturan karena anak kecil akan mencontoh orang orang .
 
    Pada Generasi muda yang menginjak remaja terdapat juga penggunaan bahasa gaul agar lebih akrab dan tidak dibilang ketinggalan jaman karena bahasa baku kadang dianggap kuno , sebenarnya pola pikir inilah yang membuat bahasa Bangsa ini jarang yang meelestarikannya , juga bahasa pun setiap tahun akan bermunculan bahasa bahasa baru karena akan terus berkembang bahkan menjadi ajang tolak ukur gaul atau tidaknya seseorang. Di kalangan anak muda jika tidak ngerti bahasa inggris kadang dibilang tidak gaul karena bahasa Indonesia dianggap kuno . 

      Tetapi tidak semua anak muda tidak melestarikan bahasanya sendiri orang orang yang melestarikan bahasa indonesia adalah orang orang yang kuliah dijurusan sastra Indonesia dan guru bahsa Indonesia . Memang di jaman sekarang pelestarian bahasa Indonesia menjadi semakin berkurang apalagi ada media jejaring sosial yang merupakan tempat sumber informasi paling cepat berkembang membuat budaya luar pun ikut mas uk dan menjadi panutan di berbagai kalangan . Ditanya apakah Generasi Muda melestaikan Bahasa Indonesia sangat kecil kemungkinan karena penggunaan bahasa indonesia pun sekarang sudah campur aduk dan sudah tidak beraturan , perkembangan jaman memang ikut andil dalam pelestarian bahasa indonesia karena pola pikir anak muda sekarang sudah berbeda kecuali orang orang yang berada dalam bidang sastra Indonesia .

0 komentar:

Posting Komentar