Senin, 19 Maret 2012

 Sumber Daya Ekonomi


    Indonesia merupakan negara yang mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak, bahkan terbanyak ke-5 di dunia, tetapi jarang penduduk Indonesia yang dapat menyamai prestasi yang sama seperti penduduk di negara lain. Inilah lemahnya bangsa Indonesia yang memiliki jumlah peduduk yang banyak tetapi masih kurang di sumber daya manusianya. Jadi sangatlah penting sumber daya manusia yang berkualitas bagi semua orang. Penduduk Indonesia masih belum mengerti banyak tentang pentingnya sumber daya manusia yang berkualitas itu.


      Sumber Daya Manusia yang berkualitas memberikan pengaruh yang sangat baik apabila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Manfaat yang baik akan barguna bagi diri kita, masyarakat dan negara. Apabila kita mencari pekerjaan atau membuat lapangan pekerjaan sendiri, kita bisa melihat dari kelebihan dan kemampuan yang kita miliki dari sumber daya kita. Hal ini dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di negara kita. Jadi sangatlah penting sumber daya manusia itu bagi kehidupan kita.


Sumber produksi adalah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk menghasilkan alat-alat pemenuhan kebutuhan , macam macam sumber produksi :
  •   SDA : sumber-seumber produksi yang berasal dari alam misalnya air, tanah tambang
  •   SDM : sumber-produksi yang ada pada manusia misalnya tenaga dan pikian
  •    Sumber ekonomi buatan manusia adaah sumber produksi yang dihasilkan oleh manusia Misalnya mesin dan gedung
  •   Entrepreunership
    Ilmu ekonomi merupakan kelompok ilmu social , karena menjadi sasaean studinya adalah perilaku masyarakat, Namun ilmu ekonomi berbeda dengan ilmu social lainnya sebab ilmu ekonomi mempelajari masyarakat dari segi pemeuhan kebutuhan dengan memililih sumber-seumber produksi yang terbatas dan cara pemakainnya yang saling tepat

     Hukum ekonomi dalah kesimpulan umum dari persoalan-persoalan ekonomi yang terjadi berulang kali.Sekumpulan hokum ekonomi disebut teori ekonomi. Setiap hokum ekonomi menerangkan hubungan yang ada antara factor yang satu dengna yang lain dengan asumsi ceteris paribus. Hubungan antar factor-faktor tersebut dibedakan :
  •    Hubungan fungsional adalah hubungan factor-faktor yang saling mempengaruhi Misalnya hasil produksi dan pekerja.
  •    Hubungan kausalitas adalah hubungan antar factor-faktor dimana satu factor muncul karena ada factor lain yang menyebabkannya Misalnya bila uang yang beredar bertambah maka akan menyebabkan inflasi.
Untuk memperoleh suatu kesimpulan yang benar, maka harus digunakan cara berfikir sebagai berikut:
  •  Berfikir Induktif adalah suatu pemikiran yang dimulai dengna mengadakan observasi,klasifikasi, kesimpulan,hipotesa lalu menguji menjadi suatu hokum atau prinsip

0 komentar:

Posting Komentar