Rabu, 28 September 2011

     Sejarah timbulnya Organisasi merupakan suatu upaya untuk mencapai tujuan tertentu agar mudah diatur dan dijalankan , berikut adalah contoh sejarah Organisasi yang ada di Indonesia 

   Siapa sebenarnya FPI; bagaimana lahirnya; dan apa sebenarnya tujuan mereka di balik gembar-gembor tentang syariat Islam? FPI lahir pada 17 Agustus 1998 dengan ketua umumnya Habib Muhammad Rizieq Syihab, serta berkembang subur pada masa pemerintahan Presiden Habibie. FPI dinilai dekat dengan orang-orang di sekeliling Soeharto.

   Di masa Prabowo Subianto aktif di TNI, FPI diduga sebagai salah satu binaan menantu Soeharto itu. Namun, setelah Prabowo jatuh, FPI kemudian cenderung mendekati kelompok Jendral Wiranto yang tengah bermusuhan dengan kelompok Prabowo.

   Sebab yang melatarbelakangi terbentuknya FPI, adalah pertama rasa tanggung jawab para tokoh Islam kepada Allah, dan Rasulnya, daripada adanya sebuah kehancuran umat yang semakin tidak jelas. Yang kedua, latar belakangnya juga kewajiban untuk menegakan amar ma'ruf nahyi mungkar, yang ketiga kurangnya kontrol sosial baik dari orsospol, maupun pemerintah terhadap hak-hak muslim sebagai mayoritas dinegeri ini.

   Muslim menjadi mayoritas, akan tetapi banyak ditindas, diperlakukan yang melanggar HAM, mendapat perlakuan bengis dan biadab. Seperti di Haur Koneng, di Nipah, kemudian di Aceh, Tanjung Priok. Itu semuanya, wujud lemahnya kontrol sosial baik dari ormas, orsospol, maupun pemerintah terhadap umat Islam, " jelas Ustad Sobri Lubis.

   Dari ketiga latar belakang tersebut, maka perlu dibentuk satu kelompok yang siap mengangkat harkat dan martabat umat Islam. Yang ternyata, semula tak pernah terbayang oleh kami bahwa FPI akan cepat besar dalam skala nasional. Bayangan awal para pendirinya, FPI itu hanya dibentuk untuk skup Jakarta, minimal Jabodetabek.

  Akan tetapi, peristiwa insiden Ketapang, di mana FPI memperlihatkan keberadaannya terjun langsung melawan preman-preman yang menyerang masjid dan masyarakat, yang tak luput dari pemberitaan media massa kala itu, telah membuat umat di daerah mengetahui adanya sekelompok orang yang melakukan pembelaan terhadap hak-hak umat Islam, dalam menegakkan amar ma'ruf nahyi mungkar.

  Lama-kelama mereka ingin tahu, mereka akhirnya tahu, mereka menganggap ini pas. Dan memerlukan adanya seperti ini untuk benteng moral dan akhlaq serta akidah di tempat kami, akhirnya mereka bentuk didaerah cabang-cabangnya, " jelasnya.

  Setelah wilayah Jabodetabek, akhirnya cabang FPI didirikan di Jawa Barat, kemudian Lampung, Palembang, Sumatera Utara, Jawa Timur, Sulawesi, Ambon, Maluku, Tual, Kalimantan. Sekarang sudah hampir semua propinsi ada cabang FPI, di mana totalnya 30-an Propinsi, terakhir NTB yang paling baru dan Manado. Bahkan, kerusuhan di Monas yang memunculkan reaksi agar FPI dibubarkan, menimbulkan reaksi yang berbeda didaerah karena justru banyak yang ingin masuk FPI, seperti terjadi di Manado dan Sumbawa pada bulan ini.
Sumber : http://eramuslim.com/berita/nas/8907172447-profil-fpi-lemahnya-penegakan-hukum-munculkan-semangat-amar-ma039ruf-nahyi-mungkar.htm

2 komentar:

  1. Ini adalah salah satu dari organisasi Islam yang ada di Indonesia , organisasi ini masih terus eksis dengan banyak hujatan pula karena caranya yg kurang baik tp inilah sejarah organisasi yang menegakkan syariat islam

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus